Selasa, 15 Februari 2011

PROGRAM KERJASAMA PALANG MERAH KOREA DENGAN PALANG MERAH INDONESIA Di KSR PMI Unit


 (Joint Youth Program Korean Red Cross and PMI in KSR PMI UNY)

Awal tahun 2011 ini KSR PMI Unit UNY mendapat kepercayaan dari PMI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyambut kunjungan relawan PMR dan KSR dari Palang Merah Korea. Palang Merah Korea atau yang disebut Red Cross Youth (RCY) in Korea mengadakan kunjungan ke Indonesia dalam rangka program kerja sama Palang Merah  Korea dengan Palang Merah Indonesia. Peserta berjumlah 40 relawan yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa Korea beserta pendamping dari Red Cross Youth (RCY) di Korea dan PMI Pusat.  Kunjungan diawali dari Korea menuju PMI Pusat yang bertempat di Jakarta dilanjutkan dengan kunjungan ke PMI Provinsi DIY dan sekitarnya. UNY mendapat kehormatan menjadi tempat kunjungan pertama yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosial di daerah bencana Merapi.


Acara ‘’Joint Youth Program Korean Red Cross and PMI’’ dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2011 pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB bertempat di Cine Club FBS. Pembukaan diawali dengan sambutan Ketua PMI Prov. DIY dilanjutkan Ketua Red Cross Youth in Korea dan Pembantu Rektor III UNY, Prof. Dr. Herminanto Sofyan. Setelah itu, peserta disambut dengan penampilan tari Gambyong oleh UKM Kamasetra. Peserta dari Korea tampak sangat antusias saat menyaksikan tarian tersebut.
Setelah coffee break selama 30 menit, acara dilanjutkan dengan diskusi panel. Adapun presentator dalam kegiatan tersebut adalah Ketua PMI DIY (dr. Bondan Agus Suryanto, S.E. M.A. AAK.), Bapak Haris Eko Yulianto, Saudari Gladi Patriatika Purinagari dari KSR PMI Unit UNY dan Saudari Lim dari RCY. Diskusi berlangsung hingga siang hari dan dilanjutkan dengan jamuan makan siang.
Usai makan siang, acara selanjutnya adalah tour keliling UNY. Perjalanan dimulai dari Cine Club menuju Museum Pendidikan Indonesia. Seluruh peserta tour disambut dengan ramah oleh petugas yang bertugas di museum pendidikan.  Museum pendidikan UNY menyimpan banyak koleksi brang-barang yang berhubungan dengan pendidikan maupun kebudayaan di Indonesia ( rumah adat ). Dalam kunjungan ke Museum pendidikan kami dipersilakan masuk ke ruang cinema. Kami disajikan sebuah film dokumenter yang bercerita tentang pendidikan zaman dahulu dikala masih menggunakan alat tulis sabak dan anak-anak yang bersekolah belum menggunkan sepatu dengan ibu guru yang menggunakan bahasa jawa halus. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke rektorat kebanggaan UNY. Kunjungan kerektorat diisi dengan foto-foto bersama di air mancur rektorat. Selanjutnya peserta kami kenalkan dengan student center, tempat berkumpulnya seluruh kegiatan Mahasiswa.

Acara selanjutnya adalah kembali ke cine club dan sampailah di penghujung acara yakni pertukaran budaya. Peserta dari Korea menampilkan tari tradisional Korea, tari modern-tari RCY, permainan alat musik tradisional Korea dan Taekwondo. Sedangkan dari UNY menampilkan tari Bambangan Cakil oleh UKM Kamasetra. Acara berakhir sekitar pukul 17.30 wib yang ditandai dengan pertukaran kenang-kenangan dari PMI Provinsi DIY dan KSR PMI Unit UNY kepada Red Cross Youth in Korean. Namun, sebelum kembali ke hotel mereka menyempatkan untuk bermain sepak bola di lapangan sebelah timur FBS UNY. Pertandingan antara teman-teman Korean Red Cross dan temen dari KSR PMI UNY sangat seru. Antusias penonton untuk mendukung kedua Tim sangat kompak. Jadi, tidak panadang bulu itu dari Negara mana yang penting kita adalah saudara untuk saling membantu sesama.
Waktu sudah menunjukkan pukul 18.30 WIB saatnya peserta untuk kembali ke hotel Cakra Kembang karena besok pagi akan dilanjutkan dengan kegiatan lain yaitu mereka akan turun langsung ke daerah bencana merapi untuk menjadi relawan.

Ø  Jiwa kerelawanan tak pandang jaman ataupun siapa
Ø  Jiwa kerelawanan tak mengenal suku, bangsa, dan agama
Ø  Jiwa kerelawanan tak hanya kemauan tapi juga sebuah tindakan serta rela berkorban untuk menolong sesama.
                                                                                                 
Siamo Tutti Frateli
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar