Rabu, 02 Februari 2011

AKSI DONOR DARAH & BAKSOS


KSR PMI Unit UNY beberapa waktu lalu mengadakan acara yang namanya Aksi Donor Darah (ADD) dan Bakti Sosial dalam rangka memperingati HUT Ke 30 KSR PMI UNY.  Hampir tiap tahun setiap kali kita ulang tahun kita ngadakan acara seperti ini, tapi ADD & Baksos kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang dimana sebelumnya KSR PMI UNY hanya mengadakan di area kampus saja dan di tahun ini ADD-Baksos, kami Laksanakan langsung ke masyarakat tepatnya untuk ADD nya  di adakan didesa Karang Malang  dan Baksos-nya di daerah  Gading,  Giritirto, kec. Purwosari. Kab. Gunung  Kidul. Yogyakarta.
Acara ADD-Baksos kali ini diketua oleh Gladi Purnpratika sari  yang merupakan salah seorang mahasiswa dari fakultas FBS UNY jurusan pend. Bahasa Inggris angkatan 2006.
Berikut serangkaian kegitanya:



1. Aksi Donor Darah
Kegiatan ADD ini dilaksanakan pada tanggal 30 september 2010-1 oktober 2010 dibalai Pedukuhan  Desa Karang  Malang. Dan ternyata  antusiasme masyarakat desa ini  cukup besar . Terbukti  dari jumlah kantong darah total yang terkumpul  sebanya 88 kantong dari target  70 kantong. Sedangkan jumlah calon pendonor sendiri mencapai 112 orang, hingga membuat petugas cukup keropotan  dan kelahan menghadapi antusiasme warga didesa ini. Artinya respon masyarakat cukup baik serta dapat juga diartikan kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan daranya sebagai wujud solidaritas kemanusiaan telah meningkat.


Tu" kn gx sakit

aksi donor darah


Pak Rektor UNY

     2. BAKTI SOSIAL
Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ini dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2010 didesa Gading. Bakti  Sosial kali ini terdiri dari dua kegiatan yaitu : Pemeriksaan Gratis dan Bazar Murah . Obat-obatan yang digunakan untuk pemeriksaan gratis ini semua berasal dari Dinas kesehatan dan KSR PMI UNY . Adapun Dalam pelaksanaan Pemerikasaan gratis  ini dibantu Oleh 3 orang Dokter:
                    1. dr. Andika setyawan dari puskesmas Berbah, Sleman
                    2. dr. Jaka Susila dari Klinik Nusa Medika Bandung
              3. dr. I Putu Yuda Hanata, Seorang Dosen Swadana  di fakultas Kedokteran UGM  
  
Pemeriksaan Gratis
  
Sebagian besar Penduduk desa Gading yang bermata Pencarian  Sebagai petanibegitu antusias menyambut gegiatan kami ini. Kebanyakn dari mereka adalah masyarakat Manula yang memiliki penyakit tekanan Darah tinggi. Pak Ronostomo misalnya, dia mengatakan sangat senang sekali dengan pemerikasaan gratis ini, Menurutnya penduduk didesa Gading ini sangat membutuhkan acara semcam ini dan berharap  dilaksanaakan rutin setiap satu tahun sekali.

*BAZAR
Selain Mengadakan Pemeriksaan gratis, KSR PMI unit UNY juga mengadakan Bazar Murah bagi warga desa gading ini. Bazar murah ini terdiri dari Bazar alat tulis dan bazar sembako. Sama halnya dengan pemeriksaan gratis,  bazar murah ini juga mendapat amino  cukup besar dari masyarakat. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi sebagian warga yang memang kurang mampu, sehingga  menyambut dengan senang  acara kami ini.  

foto bersama anak2

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar