Selasa, 08 September 2015

Diklat 2015 (2)

SAM_0456
Diklat Cata KSR PMI unit UNY kembali berlangsung pada tanggal 28-29 Maret 2015, 4-5 April 2015, 11-12 April 2015, 18-19 April 2015. Pada setiap minggu diklat para Calon Anggota diberikan bekal materi tentang KSR Dasar. Materi ini merupakan bekal bagi Cata (Calon Anggota) untuk nantinya digunakan ketika mereka sudah dilantik menjadi Anggota.
Selain materi berupa teori para Calon Anggota ini juga diajarakan praktik, mulai dari praktik Penilaian, dan beberapa praktik pertolongan pertama seperti, Cidera Jaringan Lunak, Cidera Sistem Otot Rangka, Perdarahan, Cidera Spinal, Evakuasi, Triage, Perwatan Keluarga dan lain-lain. Selain bekal materi di dalam kelas Cata juga didik agar belajar disiplin dan memiliki fisik yang baik. “Ketika seorang relawan terjun ke lapangan fisik tidak bisa diabaikan karena saat dilapangan akan menemui korban dan harus mampu misalnya mengangkat dan lain-lain” jelas Saparullah selaku Koordinator Lapangan.

Pada Minggu terakhir Diklat yaitu pada tanggal 18-19 April 2015 Diklat KSR PMI Unit UNY dilaksanakan di Buper babarsari. Diklat pada minggu terakhir ini sedikit berbeda seperti minggu-minggu sebelumnya karena pada minggu terakhir ini para cata diminta untuk melakukan praktik kasus invidu dan simulasi kelompok dan dinilai langsung oleh pelatih KSR PMI unit UNY. “Dalam kurikulum dan juga serangkaian Penerimaan Anggota Baru (PAB) kedepan akan ada ujian tulis maupun ujian praktik, sehingga diharpakan dengan adanya simulasi ini mampu meningkatkan kualitas anggota dan mereka juga siap untuk prosesi PAB selanjutnya”, jelas Niken Tria Pratiwi selaku Komandan Diklat 2015.
Diklat yang berlangsung setiap sabtu minggu selama lima ini diharapkan mampu membentuk kualitas Anggota Baru KSR PMI unit UNY sehingga kedepannya  mampu melahirkan penerus KSR PMI unit UNY yang berkarakter kemanusiaan yang bermanfaat, professional dan solid sesuai dengan visi KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2015. Salah satu Cata menyampaikan bahwa merasa senang mengikuti diklat ini karena menjadi punya lebih banyak teman, ilmu, dan banyak pengalaman baru yang belom pernah didapatkan sebelumnya.
SAM_0722
SAM_0694
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar