Rabu, 18 November 2015

Final Siganapraja 2015



Kamis 12 November 2015,34 tim terbaik yang telah lolos seleksi di 4 regional di pulau Jawa berkumpul di KPLT FT UNY dalam upacara pembukaan Final Siganapraja 2015.
Upacara yang diawali dengan tari Gambyong yang merupakan tari pembuka yang berasal dari Jawa Tengah berlangsung dari pukul 19.00. Acara yang di selenggarakan KSR PMI UNY ini dihadiri  tamu undangan mulai dari PMI DIY, PMI kab. Seleman dan KSR Sahabat. Serangkaian acara pada babak final Siganapraja 2015 sendiri berlangsung dari Kamis 12 Nobember sampai Minggu 15 November 2015.
Pada babak final ini ke 34 tim akan berkompetisi dalam 4 lomba, yaitu lomba Pertolongan Pertama, Lomba Cerdas Cermat, Siaga bencana, dan Reduce, Reuse, Recycle (3R).  Siganapraja Tingkat Wira Se-Jawa 2015 yang mengusung tema ‘Peran Serta Pemuda Indonesia dalam Siap Siaga Bencana’ tidak hanya menawarkan sebuah kompetisi kepada para peserta, karena di babak final ini peserta juga mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, melalui pemberian materi dan simulasi bencana kebakaran yang diusung panita dengan bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman serta Menwa Pasopati UNY. Dari sisi Official juga terdapat acara sendiri yang tidak kalah bagus mulai dari jalan-jalan di Museum Pendidikan Indoesia pada hari Jum’at dan adanya diskusi  mengenai Manajemen PMR.
Setelah agenda lomba yang berlangsung pada hari Jum’at dan Sabtu, peserta kemudian  diajak untk saling mengenal antar peserta dalam acara Gebyar Seni pada Sabtu malam pukul 20.00 WIB. Dalam Gebyar seni ini ke 34 tim dibagi dalam 17 penampilan dimana setiap penampil berisi 2 tim dari peserta. Acara yang berlangsung di Hall Rektorat UNY ini juga dimeriahkan dengan penampilan acoustic dan band, serta penampilan spesial dari salah satu peserta yang menampilkan tari jaranan Turonggo Yakso dari SMA 
Panggul Trenggalek. 

Minggu 15 November, sebelum upacara penutupan dan pengumuman juara, terdapat talksow dan ADD. Dalam talkshow yang betema ‘Relawan dalam Pendidikan” dibersamai oleh dosen UNY yang juga merupakan alumni KSR PMI UNY yaitu Ari Kusmiatun, S.Pd.,M.Hum., selaku moderator, dengan pembicara Ketua Bidang Relawan PMI Pusat, H. Muhammad Muas, S.H., dan Dosen UNY, Dr. dr. Laksmi Ambardini, M.Kes., acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini berlangsung sangat menarik dan hangat, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. ADD yang diadakan bekerjasama dengan UDD PMI Sleman juga melibatkan para peserta untuk melakukan kampanye dan mengajak masyarakat sekitar kampus UNY untuk malakukan donor darah.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar